Tahun Pertama Setelah Perceraian

Tahun Pertama Setelah Perceraian
Tahun Pertama Setelah Perceraian. Saya sedang berbicara dengan seorang teman beberapa minggu setelah suami saya pindah dari keadaan yang saya rasakan saat menghadapi kehidupan baru ini sebagai ibu tunggal. Dia meyakinkan saya bahwa itu akan baik-baik saja.

"Ambil satu tahun," katanya. "Ini akan mengerikan beberapa hari, tapi sadari sekarang, terima, dan saat Anda melewati kekerasan itu, Anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya."

Dan dia benar - percakapan itu hampir setahun yang lalu, dan saya merasakan semua yang dia katakan akan saya lakukan. Aku telah bergantung pada kata-katanya, dan mereka berhasil melewati hari dan saat yang paling sulit.


Seperti pagi-pagi yang mengerikan di kamar mandi saat kegelisahanku memutuskan untuk datang berkunjung, menendang pantatku, dan membuatku berantakan sepanjang sisa hari itu.

Anda tahu ini akan datang, saya akan berpikir sendiri. Dan itu entah bagaimana membantu melunakkan pukulannya.

Atau saat aku menurunkan anak-anakku dengan ayah mereka, dan saat aku menarik keluar dari jalan masuk rumah, kulihat mereka berempat berjalan pergi. Masih terasa asing, meski kita sudah melakukan ini selama hampir setahun.

Masih baru. Anda tahu ini akan sangat mengenaskan.

Kata-katanya berhasil membuatku melewati tahun pertama ini, karena mereka selalu mengingatkan bahwa aku perlu merasakan perasaan ini. Saya seharusnya memiliki emosi ini . Saya dibiarkan bingung, bingung, dan sedih. Saya diperingatkan bahwa ini semua akan menjadi bagian dari itu, dan saya telah memutuskan untuk mengatasinya. Selamat datang, bahkan - karena setelah mencoba melawannya dan menekan perasaan saya, jelas bahwa saya tidak memiliki pilihan dalam masalah ini.

Perceraian, sama seperti perubahan besar lainnya, membutuhkan banyak waktu untuk memproses dan menyembuhkan dari sebelum Anda keluar dari sisi lain.
Anda akan ingin diadakan. Anda akan memiliki hari ketika Anda tidak cukup makan, dan saat-saat ketika yang Anda ingin lakukan adalah mengenakan celana olahraga dan mengosongkan isi lemari es Anda.

Bila Anda memutuskan untuk mengakhiri pernikahan Anda, Anda memiliki jalan yang panjang di depan Anda. Anda mungkin merasa lebih baik Anda sendiri dan mandiri. Anda mungkin akan senang untuk memulai lagi. Anda mungkin merasa penuh harapan dan sangat ingin memulai babak baru dalam hidup Anda.

Dan semua perasaan ini bisa diculik dengan perasaan tersentak secara mental. Anda mungkin perlu berbaring di tempat tidur selama sehari (atau hari). Anda akan membutuhkan dukungan. Anda akan menginginkan persahabatan. Anda akan merindukan persahabatan, bahkan jika itu datang dalam bentuk seks tanpa arti .

Anda akan ingin diadakan. Anda akan memiliki hari ketika Anda tidak cukup makan, dan saat-saat ketika yang Anda ingin lakukan adalah mengenakan celana olahraga dan mengosongkan isi lemari es Anda.

Akan ada saat ketika Anda sangat ingin berbicara dengan seseorang berjam-jam - bukan hanya tentang situasi Anda, tapi juga tentang kehidupan mereka . Melarikan diri dari hidup Anda dan berfokus pada orang lain bisa menjadi penyembuhan, dan Anda akan menyambutnya.
Beri dirimu satu tahun minimum. Merasakan semua perasaan, melakukan apa yang perlu Anda lakukan, dan hanya fokus pada satu saat pada satu waktu.

Dan kemudian akan ada saat-saat gelap ketika Anda tidak dapat menjangkau siapa pun dan meminta bantuan karena Anda tidak tahu apa yang Anda butuhkan, atau apa yang harus Anda minta, atau apa yang harus Anda lakukan dengan segala sesuatu yang terjadi di dalam pikiran dan jiwamu Anda akan menginginkan seseorang atau sesuatu untuk datang dan memperbaikinya untuk Anda.

Tapi itu tidak akan terjadi, karena hidup membuat Anda tersentak seperti itu.

Anda akan merasa bersalah saat orang lain menaruh perhatian ekstra pada Anda, atau pergi di atas dan di luar dan melakukan sesuatu untuk Anda dengan harapan untuk mencerahkan hari Anda. Anda akan merasa tidak layak. Anda akan merasa terlalu kosong untuk memberikan apapun kembali, dan Anda akan mengalahkan diri sendiri tentang hal itu juga.

Karena itulah perceraian yang dilakukan: itu menghancurkan Anda. Ini menyeka Anda keluar. Rasanya seperti orang asing yang telah melewati masa depan mereka, menghancurkan rumah Anda, dan tidak peduli. Dan tidak peduli apa yang Anda lakukan, tidak peduli berapa kali Anda bertanya kepada mereka, mereka tidak akan meninggalkan Anda sendirian.

Satu-satunya cara untuk melewatinya adalah dengan melakukan hal itu: melewati hari-hari sulit, satu saat pada satu waktu. Jangan lupa bernafas.

Dan ingat, Anda akan muncul versi baru yang lebih baik dari diri Anda sendiri. Anda tidak mengalami sesuatu yang membuat Anda terpisah dan tidak keluar dari orang yang lebih kuat - hidup bisa indah seperti itu.

Jadi, beri dirimu setahun minimal. Merasakan semua perasaan, melakukan apa yang perlu Anda lakukan, dan hanya fokus pada satu saat pada satu waktu.

No comments:

Post a Comment